Desa Wisata Buluhcina

 

Sejak dikukuhkan oleh Pemerinyah Provinsi Riau menjadi desa wisata pada tahun 2004, desa ini tidak saja dikenal di Riau, namanya bahkan sudah cukup akrab di telinga para pelancong luar negeri, terutama penggemar eco tourism. Para pelancong asing itu biasanya datang bersama grup, untuk tujuan murni berwisata, sebagaian lagi untuk kepentingan penelitian.

Desa Buluhcina berluas kurang lebih 14km2, terbagi atas empat dusun, yang diberi nama Dusun I, Dusun II, Dusun III, dan Dusun IV. Keempat dusun itu berada dalam satu kawasan tapi letaknya terpisah oleh keberadaan Sungai Kampar. Jadi, kalau ingin menggapai Dusun I dan Dusun II, dari Dusun III atau Dusun IV, Anda harus menyeberangi sungai yang letaknya sekitar 50 meter.

Buluh cina2

Cara terbaik menjelajahi desa ini, mula-mula keliling dulu Dusun III dan Dusun IV. Di dua dusun ini, Anda bisa melihat dari dekat suasana pedesaan yang asri atau langsung saja arahkan langkah menuju ke Danau Kutip yang letaknya tak jauh dari gapura masuk desa. Bisa juga menyambangi kawasan di sisi Selatan, yakni areal persawahan.

Lepas dari sana, ayunkan kaki menuju ke bibir Sungai Kampar, persisnya di ponton penyeberangan. Di lokasi inilah, pada bulan-bulan tertentu , Anda bisa saksikan Lomba Pacu Sampan. Setidaknya, dua kali dalam setahun, event rakyat itu di gelar dengan melibatkanpeserta lokal hingga luar negeri. Di lokasi ini juga, kalau Anda berkunjung beberapa hari menjelang Bulan Suci Ramadhan, Anda bisa melihat prosesi adat yakni jamuan makan untuk anak yatim. Para tetua adat dan warga sekitar berkumpul di Balai Adatuntuk bersantap bersama, sebagai bentuk syukur menyambut ramadhan.

Buluh cina3

Untuk menyeberang ke Dusun I dan Dusun II sendiri, Anda cukup merogoh locek Rp. 2.000,- pulang pergi naik ponton penyeberangan  terbuat dari besi yang oleh warga lokal disebut boat pelayangan. Hanya butuh waktu lima menit untuk sampai ke seberang. Setelahnya susuri jalan semen, di antara rumah-rumah warga. Kira-kira sepuluh menit, Anda sudah bisa sampai ke Danau Tanjung Putus dan Danau Baru. Jamak di ketahui, di Desa Buluhcina memiliki tujuh danau yang kesemuanya terbentuk alami dan hampir seluruhnya dipagari pepohonan hutan.

Buluh cina4

Sebenarnya, sembari mengitari danau, di Dusun I dan II ini, aktifitas menantang yang bisa Anda lakukan adalah jungle trekking, yakni menyusuri Hutan Wisata Rimbo Tujuh Danau. Hutan ini berluas tidak kurang dari seribu hektar. Di dalamnya, terdapat rupa-rupa pepohonan hutan yang rata-rata berusia di atas 300an tahun yang juga jadi habitat bagi puluhan jenis flora dan fauna khas tropis.

Buluh cina5

Aktifitas yang tak kalah menantang kalau mengunjungi desa ini adalah memancing sembari menyusuri Sungai Kampar. Aktifitas ini bisa Anda lakukan setelah menjelajahi Hutan Wisata Rimbo Tujuh Danau, atau juga bisa sebelumnya. Terserah Anda. Pastinya, memancing di sepanjang sungai terpanjang di Sumatera ini bakal memacu adrenaline. Sebab banyak fishing sports yang bisa Anda temui. Warga setempat, menyediakan paket memancing ini dengan harga yang sangat terjangkau, Rp. 200.000,-. Biaya itu sudah mencakup pemandu dan sewa perahu selama sehari.

Buluh cina6
Nah, kalau sudah puas menyusuri sungai, hutan, danau atau memancing, saat perut sudah keroncongan, jangan khawatir, kendati tidak tersedia rumah makan atau restoran di desa ini Anda masih bisa menyantap makanan khas Desa Buluhcina yakni asam pedas ikan baung yang biasanyadisantap bersama dengan umbut rotan, lalapan berbahan baku rotan muda. Tapi, tentunya, jauh-jauh hari Anda harus memesan dulu dengan warga setempat sebelum tiba di sana. Atau silahkan menghubungi Toro di nomor 0813 7155 9313.{jcomments on}

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.