Istana Kerajaan Darussalam Gunung Sahilan

 

Saat ini, istana ini masih difungsikan antara lain sebagai tempat rapat para ninik mamak sebelum menyelenggarakan upacara adat serta berbagai acara adat lainnya. Di dalam istana sendiri, tersimpan benda-benda pusaka kerajaan seperti senjata, guci, perabotan istana dan lain sebagainya.

Sahilan1

Berbagai catatan sejarah menyebut, istana ini diperkirakan dibangun pada tahun 1940. Itu artinya, usianya kini sudah menginjak lebih dari tujuh puluh tahun. Untuk menjaga kelestariannya, pemerintah setempat telah menyerahkan pengelolannya kepada pihak ahli waris Kerajaan Gunung Sahilan.

Sahilan2

Dilokasi sekitar istana ini, kalau Anda bertandang ke sana, Anda akan temukan kompleks pemakaman para raja Kerajaan Gunung Sahilan di masa lampau. Sama seperti istana, makam-makam itu itu lumayan terawat baik. Pada momen-momen tertentu kerap dikunjungi oleh para peziarah baik lokal maupun wisatawan nasional. Satu diantara makam yang terkenal di sana adalah Makam Rajo Darah Putih, salah satu raja yang paling berpengaruh di Kerajaan Gunung Sahilan. ( Sumber : Dinas Pariwisata & Kebudayaan Kab. Kampar ){jcomments on}

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.