Warga Pulau Gadang Antusias Ikuti Penutupan Kholwat Dua Jamaah Diangkat Sebagai Khalifah

 

Kepala Desa Pulau Gadang Sofyan Evendi dalam arahannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada khadam dan guru yang telah memberikan ilmu kepada anak kemenakan di Kenegarian  Pulau Gadang.Kades Sofyan berharap, para peserta kholwat dapat memberi contoh bagi masyarakat setelah mendapatkan ilmu agama selama mengikuti kholwat.

Sementara itu Pimpinan Thariqat Naksabandiyah Alkholidiyah Desa Pulau Gadang Buya M Yatim Datuk Paduko Rajo menyampaikan, tahun ini kholwat yang dilaksanakan selama 20 hari 20 malam di Surau Darussholihin diikuti 60 orang jamaah.

Diantara 60 orang ini, sesuai dengan kesepakatan khadam dan khalifah (guru), sebanyak dua diantara jamaah itu dinilai layak diangkat sebagai khadam di Surau Darussolihin. Kedua jamaah ini adalah Nurdin yang diberi gelar Engku Majo Bongsu. Kemudian jamaah kedua Ibrahim yang diberi gelar Engku Lobai Kayo.  Pemberian gelar ini sesuai dengan suku dari kedua jamaah, dimana keduanya berasal dari suku domo.”Sesuai profesi beliau, pemberian gelar ini sesuai pula profesi dimasyarakat. Kedua orang ini telah masuk khalwat dua kali,” ujar Buya M Yatim.

Pengangkatan sebagai khalifah ini  ditandai dengan pemasangan kopiah putih oleh Buya DR Jamaris Arief dan Buya Abdul Azis SH.Selain itu sesuai kesepakatan khadam dan khalifah, Buya M Yatim juga mengumumkan lima orang jamaah dinilai kajinya sudah sampai ke tahap tahlil. Kelima orang ini adalah jamaah baru yang keseluruhannya dari kaum ibu. Kelima orang jamaah ini adalah  Hamidati, Yurjanis, Murni, Rosnida dan Syarifah.Usai pemasangan kopiah dan pimpinan Tariqat memimpin pembacaan Surat Al Fatihah agar pemberian gelar ini di Ridhai oleh Allah SWT.

Sementara itu tokoh masyarakat Jarwadi S.Sos Datuk Mudo dalam penyampaian pesan dan kesannya mewakili masyarakat mengajak masyarakat hendaknya dengan adanya pengangkatan jamaah sebagai khalifah dan adanya jamaah yang kajinya telah sampai pada tahap tahlil bisa memotivasi masyarakat untuk meningkatkan dan mengembangkan ilmu agama. (Humas Pemkab Kampar){jcomments on}

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.